Rabu, 14 Oktober 2009

MARS PMII

Inilah kami wahai Indonesia

Satu barisan dan satu cita

Pembela bangsa penegak agama

Tangan terkepal dan maju kemuka

Habislah sudah masa yang suram

Selesai sudah derita yang lama

Bangsa yang jaya Islam yang benar

Bangun serentak dari bumiku subur

Reff.

Denganmu PMII pergerakanku

Ilmu dan bakti ku berikan

Adil dan makmur ku perjuangkan

Untukmu satu tanah airku

Untukmu satu keyakinanku

Inilah kami wahai Indonesia

Satu angkatan dan satu jiwa

Putera bangsa bebas merdeka

Tangan terkepal dan maju kemuka

Untuk memahami Mars PMII dibutuhkan kejelian dan kehatian-hatian, sebab selama ini menurut pemahaman penulis tidak ada kesamaan kata dalam memahami atau memaknai Mars PMII. Baik secara tersurat dalam artian tercantum dalam AD/ART maupun tersirat yakni penafsiran yang sama antara para anggota dan kader PMII. Menurut hemat penulis makna yang terkandung dalam Mars PMII pertama, sebagai spirit dan energi pergerakan dalam medan perjuangan. Artinya bait-bait yang ada dalam Mars PMII mampu menggugak kita untuk bergerak bersama rakyat dalam melawan setiap penindasan, system, rezim maupun pemerintahan yang tidak berpihak kepada rakyat.

Kedua, simbol kebersamaan. Artinya Mars PMII menciptakan satu keinginan dari para anggota dan kader untuk bergerak bersama dalam naungan PMII. Dalam rangka melaksanakan tujuan, visi, misi dan cita-cita organisasi dan pergerakan PMII. Yakni menjadikan Indonesia yang jaya dan Islam yang benar. Benar dalam artian sesuai dengan ajaran Ahlussunah Wal Jamaah. Dengan semangat inilah yang kemudian menyatukan seluruh anggota dan kader dalam satu gerak melawan penindasan, yang kemudian diikuti oleh sebuah slogan mundur satu langkah adalah penghianatan.

Ketiga, penuntun pergerakan. Sebuah gerakan membutuhkan tuntunan, arahan dan rambu dalam bergerak. Mars sebagai penuntun pergerakan mempunyai beberapa fungsi antara lain: sebagai penuntum untuk mencapai keberhasilan pergerakan berupa visi, misi dan tujuan pergerakan. Artinya bait-bait yang ada dalam Mars PMII ini menuntun kita kepada cita-cita perjuangan dan kita diminta untuk selalu tegar dalam berjuang.

Keempat, penggugah semangat patriotisme. Dalam Mars PMII terdapat makna adanya jiwa patriotisme dan rasa nasionalisme yang besar terhadap bangsa dan Negara kesatuan Republik Indonesia. Namun nasionalisme yang tetap berpegang teguh pada ajaran dan nilai-nilai ke-Islaman. Dalam konteks ini, Mars PMII dapat masuk dalam tipologi Nasionalis/Religius. Nasionalis/religius PMII dalam pemahaman penulis, berbeda dengan nasionalis/religius kelompok lain.

Kelima, motivator dan inspirator untuk membangun bangsa dan negara. Artinya mars PMII memberikan motivasi dan inspirasi kepada kita untuk bergerak dan bersatu bersama rakyat. Motivasi dan inspirasi ini kemudian menjadi modal yang dapat kita pergunakan dalam mencapai tujuan orgnisasi.

Keenam, peneguh keimanan. Dzikir, fikir dan amal sholeh yang merupakan motto PMII terejahwantahkan dalam bait-bait syair Mars PMII. Memberikan spirit yang luar biasa. Bahwa untuk menjadi insan yang ulul albab, diperlukan keseimbangan antara logika dan agama. Keduanya harus sejalan dan seimbang. Selain itu amal sholeh yang diartikan sebagai kesholehan pribadi dan social.

1 komentar:

sandiva mengatakan...

jadi letak perbedaan pemahaman tentang mars ini dimana?